Minggu, 07 Juni 2020

JEJAK PEJUANG

JEJAK PEJUANG
_______

Untuk membantu para pejuang di wilayah Indonesia Timur yang sedang mengadakan perlawanan terhadap penjajah Belanda, maka  Letnan Kolonel Abdul Qahhar Mudzakkar sebagai komandan TRIPS sekaligus merangkap sebagai komandan KGS (Kesatuan Grup Seberang), pada awal tahun 1946 mengirimkan ekspedisi tenaga pejuang dari Jawa ke Sulawesi dan juga daerah-daerah Indonesia Timur lainnya. Sehingga di Sulawesi pada tahun 1947, sudah terorganisir empat satuan batalyon pejuang, yaitu:

1. Batalyon Batu Putih yang dipimpin oleh Kaso Abdul Gani, dengan daerah operasinya  Luwu, Tator, Wajo, Sulawesi Tenggara dan sebagian Sulawesi Tengah.

2. Batalyon Pacceke, komandannya adalah Andi Selle, daerah operasinya adalah Pinrang, Sidenreng, Pare-Pare, Barru dan daerah Mandar.

3. Batalyon Massendrengpulu dengan komandannya Andi Sose, daerah operasinya adalah Enrekang dan sebagian Makale Selatan.

4. Batalyon Polongbangkeng dengan komandannya Arief Rate, daerah operasinya adalah Maros, Banteng, Makassar dan sekitarnya.

Dan juga beberapa satuan lain seperti Bahar Mattalioe di Soppeng, Muhammad Ali AT di daerah Sinjai dan Bulukumba, Amin Lorekeng di Gorontalo dan Poso, Andi Pattawari di Bone dan lainnnya. Mereka semua adalah pimpinan laskar pejuang melawan Belanda yang telah diorganisir dan yang bergabung dalam pimpinan Abdul Qahhar Mudzakkar.





___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

akses internet

  Sudah punya Koneksi Internet/Wifi? Atau Mau Bukak Usaha Wifi Voucher? 📶 Melayani Jasa Seting Mikrotik 🔴Seting > 🟡Selesai > 🟢B...