Sabtu, 06 Juni 2020

SEJARAH CANDI PRAMBANAN

*Candi PRAMBANAN*

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang (bahasa Jawa: ꦕꦤ꧀ꦝꦶ​ꦥꦿꦩ꧀ꦧꦤꦤ꧀, translate:  Candhi Prambanan) adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun Pada abad ke-9 masehi. 

Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Hyang Whidi Brahma sebagai dewa Pencipta, Wisnu sebagai dewa Pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pelebur. 

Berdasarkan prasasti Siwagrha "nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna 'Rumah Siwa')", dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.
.



Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, pada masa kerajaan Medang Mataram.
.



Candi Prambanan ini bukan sekedar peninggalan sejarah yang berusia ratusan tahun saja. Karena fakta mengatakan jika candi ini menjadi saksi penyebaran agama Hindu sehingga menjadikan Candi Prambanan identik dengan candi Hindu. Candi ini juga menjadi sebuah candi terbesar yang diperuntukan untuk tempat penyembahan Dewa Siwa.
.
Namun faktanya masih banyak yang tidak mengetahui mengenai sejarah dari candi ini. Cerita candi Prambanan ini cukup menarik dan tergambar jelas pada relief-relief yang ada di dinding candi tersebut. Disana bercerita bagaimana kisah hidup dari Ramayana.







Cerita ini dimulai di sebelah timur kompleks candi Siwa. Nah, untuk Anda yang penasaran mengenai alur cerita dari Ramayana ini, Anda bisa memutari sesuai dengan arah jarum jam, setelah itu Anda bisa melanjutkan potongan demi potongan cerita ini dari sisi barat Candi Brahma.
.
"Banyak yang mengatakan kompleks Candi Prambanan berjumlah seribu candi sesuai legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Tapi kenyataannya hanya beberapa ratus candi saja."
.
Sumber : KITLV Leiden, Wikipedia, hipwe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

akses internet

  Sudah punya Koneksi Internet/Wifi? Atau Mau Bukak Usaha Wifi Voucher? 📶 Melayani Jasa Seting Mikrotik 🔴Seting > 🟡Selesai > 🟢B...